50 Makanan Tradisional Jawa Timur : Enak, Legendaris & Unik

Makanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak Legendaris dan Unik

Makanan Tradisional Jawa Timur – Jawa Timur memang dikenal menjadi tujuan wisata favorit wisatawan. Ada banyak objek wisata di Jawa Timur yang sangat menarik mulai dari wisata religi Jawa Timur, wisata alam hingga wisata bersejarah. Selain dikenal akan keindahan alam yang menakjubkan, Jawa Timur juga dikenal memiliki kenikmatan makanan tradisionalnya.

Makanan tradisional Jawa Timur sangat banyak jenisnya. Seperti soto, pecel, sate dan masih banyak lagi lainnya. Makanan tradisional Jawa Timur memiliki cita rasa khas yaitu cenderung memiliki rasa pedas. Bagi anda pecinta kuliner mungkin Jawa Timur bisa jadi tujuan wisata kuliner anda. Ada banyak jenis makanan tradisional yang bisa anda cicipi di Jawa Timur.

Makanan tradisional memang menjadi ciri khas Jawa Timur yang paling utama. Selain dijadikan sebagai ciri khas, makanan tradisional juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wilayah ini memiliki luas mencapai 47.922 kilo meter persegi. Wajar saja bila Jawa Timur memiliki banyak aneka ragam makanan tradisional.

Jadi anda dapat menjelajahi kuliner khas yang lezat dan murah. Lalu apa saja makanan tradisional khas Jawa Timur paling lezat, legendaris dan unik ? nah berikut ini kami akan memberikan beberapa makanan tradisional khas Jawa Timur yang wajib anda cicipi, apabila berkunjung ke Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

Makanan Tradisional Jawa Timur Paling Enak, Legendaris dan Unik

Berikut makanan tradisional Jawa Timur paling enak, legendaris dan unik yang wajib anda cicipi jika berada di Jawa Timur.

1. Gado – Gado

Gado Gado

Gado – Gado merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur paling terkenal. Makanan yang satu ini berisi beberapa jenis sayuran, tempe, kentang, tahu dan ketupat dan kemudian ditambahkan guyuran saus kacang yang sangat menggiurkan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saus kacang merupakan saus khas Jawa Timur yang sering ditambahkan kedalam makanan. Guyuran saus kacang akan memberikan cita rasa makanan tradisional khas Jawa Timur semakin terasa. Makanan satu ini cenderung mudah untuk ditemukan. Gado – Gado sangat cocok untuk menu makan siang anda.

2. Bakso Malang

Bakso Malang

Bakso Malang merupakan olahan bakso legendaris di kawasan Jawa Timur. Seperti namanya, bakso ini memang berasal dari daerah Malang. Namun, seiring dengan perkembangan, bakso ini mulai tersebar dan tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Yang menjadi ciri khas bakso ini yaitu kuahnya yang bening dan berbeda dengan bakso pada umumnya. Bakso ini juga dilengkapi pangsit renyah yang akan menambah cita rasa dari bakso ini.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Makanan ini tidak boleh anda lewatkan di Jawa Timur yaitu rujak cingur. Bahan utama makanan khas Jawa Timur tersebut yaitu cingur. Cingur merupakan bagian dari mulut sapi. Cingur itu sendiri awalnya cukup kenyal, namun setelah diolah hingga menjadi lebih lunak. Selain cingur, rujak ini ditambahkan bahan lainnya seperti sayuran, tahu dan tempe.

Bahan – bahan tersebut kemudian ditambahkan bumbu yang terbuat dari gula merah, petis, kacang tabah, dan cabai. Ditambahkan juga kerupuk udang, menyantap rujak cingur tentu akan lebih lezat dan sangat menggiurkan.

4. Pecel

Pecel

Pecel merupakan makanan paling legendaris di Jawa Timur. Walaupun pecel sudah tersebar luas di berbagai daerah di luar Jawa Timur. Namun, pecel khas Jawa Timur tetap menjadi buruan para pecinta makanan tradisional. Di Jawa Timur sendiri, makanan ini memiliki banyak varian sesuai masing-masing daerahnya.

Salah satu pecel paling terkenal akan kelezatannya yaitu pecel dari Blitar. Pecel Blitar dibuat dari sayuran sederhana dan ditambahkan dengan saus kacang yang kental dan pedas. Yang menarik dari pecel Blitar yaitu tambahan rempeyek yang akan menambah pecel menjadi lebih lezat dan enak untuk disantap.

5. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang

Makanan tradisional ini sangat disukai oleh masyarakat setempat dan sering dijadikan sebagai panganan dalam jamuan adat. Makanan tradisional ini berasal dari kota Kediri, Jawa Timur. Makanan tradisional ini diberi nama nasi tumpang karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang.

Sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe basi atau tempe bosok dan kemudian dimasak dengan sewiran ayam, kerupuk kulit dan cabai. Dan akan membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

6. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur yaitu soto Lamongan. Soto ini memiliki cita rasa berbeda dengan soto pada umumnya. Soto lamongan memiliki cita rasa khas dengan campuran koya yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang yang akan menambah rasa gurih dan lezat. Soto ini juga dapat ditambahkan daging sapi dan irisan telur membuatnya semakin lezat dan enak.

7. Rawon

Rawon

Rawon sendiri menjadi salah satu bagian adat untuk disajikan pada menu makanan acara perpisahan. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berbahan dasar berupa daging sapi. Makanan tradisional ini dibuat dari irisan daging sapi serta tambahan sayuran, taoge, dan bawang goreng dengan campuran kuah lezat.

Rasa kuah rawon berbeda dengan kuah gulai karena kuah rawon terbuat dari buah kulewek dan tidak terlalu kental. Rawon biasa disajikan bersama nasi putih hangat, potongan telur ayam dan tambahan kerupuk.

8. Lontong Balap

Lontong Balap

Makanan tradisional ini memang memiliki nama yang cukup unik. Selain keunikan namanya rasa makanan tradisional ini juga sangat lezat. Lontong balap merupakan makanan tradisional dari Jawa Timur paling terkenal. Bahan utama makanan tradisional ini yaitu lontong.

Lontong balap disajikan dengan bahan lontong yang diiris dan dicampur bahan lain seperti taoge, lenthok, tahu goreng, bawang goreng dan kecap. Bagi anda pecinta rasa pedas lontong balap ini juga dapat ditambahkan sambal agar rasanya lebih mantap. Dahulu lontong balap dijual dipikul dibawa keliling. Cara penjualan ini menjadi sangat tradisional dan legendaris.

9. Tahu Tek

Tahu Tek

Makanan tradisional lainnya di Jawa Timur yaitu tahu tek. Makanan tradisional ini dibuat dengan bahan utama berupa tahu. Uniknya tahu akan digoreng setengah matang dan kemudian akan dicampur bahan lain, seperti mentimun, kentang goreng, potongan lontong serta taoge. Kemudian semua bahan tersebut akan ditambahkan dengan guyuran saus kacang dan petis. Rasa manis bercampur rasa pedas menjadi cita rasa dari makanan tradisional tersebut.

10. Pecel Lele

Pecel Lele

Salah satu makanan tradisional yang tidak kalah lezatnya yaitu pecel lele. Pecel lele merupakan makanan tradisional dari Lamongan. Makanan tradisional ini dibuat dari bahan berupa ikan lele yang sudah dibersihkan serta digoreng. Ikan lele khas Lamongan akan digoreng hingga kering sehingga akan menghasilkan rasa lebih renyah serta gurih.

Dalam penyajiannya, pecel lele biasanya disajikan bersama sambal matang atau sambal mentah serta dengan beberapa tambahan lalapan seperti mentimun, kemangi dan kubis. Makanan tradisional satu ini banyak ditemukan di malam hari sebagai salah satu menu makan malam sangat lezat.

11. Sambal Wader

Sambal Wader

Sambal Wader merupakan makanan tradisional dari Mojokerto. Bahan utama makanan tradisional tersebut adalah ikan wader. Ikan wader akan dibersihkan, kemudian digoreng hingga kering. Ikan wader tersebut selanjutnya disajikan bersama sambal pedas khas Jawa Timur paling lezat.

Rasa gurih dari ikan akan berpadu bersama rasa pedas sambal yang lumer di lidah membuat anda akan ketagihan untuk mencobanya. Makanan tradisional ini sangat cocok disantap pada siang hari.

12. Rujak Soto

Rujak Soto

Banyuwangi juga memiliki makanan tradisional tak kalah lezat. Salah satunya yakni rujak soto. Makanan tradisional tersebut terdiri dari rujak serta soto kuning nan menjadi idola masyarakat setempat karena rasanya lezat dan nikmat. Rasa segar diperkaya oleh rempah – rempah akan sangat terasa saat anda menikamati makanan tardisional tersebut. Makanan tradisional ini sangat mudah dijumpai di warung – warung makanan.

13. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

Bebek Sinjay merupakan olahan bebek yang sangat lezat serta berbeda dengan olahan bebek pada umumnya. Makanan tradisional satu ini berasal dari daerah Sinjay, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Menariknya, daging bebek diolah bersama bumbu khusus sehingga bertekstur empuk serta dicampur bersama sambal pencit terbuat dari mangga muda.

Olahan bebek Jawa Timur tidak memiliki bau amis serta memiliki tekstur daging empuk nan lembut. Makanan tradisional khas Jawa Timur disajikan dengan nasi hangat. Makanan tradisional ini memiliki kelezatan sangat khas saat anda menyantapnya. Menu Bebek Sinjay sangat cocok sebagai menu makan siang atau malam.

14. Sate Madura

Sate Madura

Siapa yang tidak kenal dengan sate Madura. Sate Madura merupakan salah satu menu makanan sate paling legendaris di Jawa Timur. Seperti namanya sate Madura berasal dari Madura, Jawa Timur. Sate Madura biasanya berbahan dasar daging ayam atau kambing. Keunikan Sate Madura yaitu pada cara memasaknya yang menggunakan arang batok kelapa jarang ditemukan.

Penggunaan arang batok kelapa akan menghasilkan cita rasa khas dengan tingkat kematangan sempurna. Sate Madura yang sudah matang kemudian akan diguyur bersama saus kacang kental nan sangat lezat.

15. Nasi Krawu

Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah makanan tradisional legendaris Jawa Timur. Makanan tradisional tersebut berasa dari daerah Gresik, Jawa Timur paling terkenal. Krawu berarti dicampur. Menu makanan tersebut memang memiliki banyak bahan yang dicampur untuk dijadikan sebagai lauk nikmat nan lezat.

Bahan – Bahan dicampur tersebut di antaranya seperti jeroan sapi, serundeng, daging sapi, terasi dan lain sebagainya. Lauk tersebut dihidangkan bersama nasi putih hangat serta ditambahkan sambal sebagai pelengkap yang menambah kenikmatan makanan tradisional tersebut.

16. Ledre

Ledre

Ledre yaitu makanan tradisional asal Jawa Timur tepatnya di daerah Bojonegoro dan biasa dijadikan sebagai oleh – oleh wisatawan yang berkunjung. Makanan tradisional tersebut berbentuk seperti kue semprong. Ledre terbuat dari bahan tepung beras serta beberapa campuran seperti pisang raja, santan, gula pasir, telur serta minyak kacang. Makanan tradisional ini memiliki rasa gurih dan renyah.

17. Brem

Brem

Makanan tradisional satu ini berasal dari Madium, Jawa Timur. Brem biasanya tersedia cukup banyak di beberapa tempat wisata sebagai oleh – oleh. Makanan tradisional Brem terbuat dari sari ketan fermentasi yang diproses selama satu malam. Sari ketan diolah hingga menjadi kue brem yang unik. Brem sendiri memiliki rasa cukup manis, namun juga semriwing.

18. Lodho Ayam

Lodho Ayam

Makanan tradisional satu ini adalah olahan daging ayam paling terkenal akan kelezatan nan kenikmatannya. Lodho ayam berasal dari daerah Tulungagung, Jawa Timur. Makanan tradisional Lodho ayam terbuat dari bahan dasar daging ayam. Ayam yang biasa digunakan yaitu ayam kampung yang memiliki tekstur daging kuat sehingga rasanya lebih lezat nan nikmat.

Daging ayam tersebut dimasak menggunakan bumbu lodho legendaris Jawa Timur hingga meresap kedalam daging ayam dengan sempurna. Lodho ayam biasa disajikan bersama kuah lodho kental atau encer dan sangat cocok disantap menggunakan nasi putih hangat atau nasi tiwul.

20. Lontong Kupang

Lontong Kupang

Makanan tradisional ini terbuat dari bahan baku kupang putih. Kupang merupakan hewan laut berukuran sangat kecil seperti beras. Karena bahannya tersebut lontong kupang hanya dapat ditemukan di beberapa daerah tertentu saja.

Di Jawa Timur, makanan tradisional ini hanya bisa ditemukan dibeberapa daerah seperti Pasuruan, Sidoarjo serta Surabaya. Lontong kupang disajikan bersama kuah petis berasa pedas nan lezat. Untuk lebih lezat, anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis sedikit.

21. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Gethuk memang menjadi makanan tradisional Indonesia paling populer. Gethuk sendiri bisa ditemukan cukup banyak di daerah yang berbeda. Salah satunya di Jawa Timur. Yang membedakan antara gethuk khas Jawa Timur dengan daerah lain yaitu bahan dasar pembuatannya. Gethuk khas Jawa Timur biasanya dibuat dengan bahan dasar pisang. Buah pisang yang biasa digunakan adalah pisang raja nangka.

Pisang diolah dengan bahan tambahan lainnya hingga menjadi gethuk lezat serta nikmat. Gethuk pisang disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang sehingga terlihat tradisional. Makanan tradisional ini berasal dari Kediri. Gethuk pisang sangat cocok dinikmati untuk menemani segelas teh atau secangkir kopi panas.

22. Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan

Selain pecel lele, Lamongan juga memiliki makanan tradisional lainnya yang tak kalah lezat yaitu tahu campur Lamongan. Makanan tradisional ini terdiri dari beberapa campuran bahan berbeda – beda. Bahan – bahan tersebut yakni daging sapi, perkedel singkong, mie kuning, tahu goreng, kerupuk dan lain sebagainya. Semua bahan tersebut kemudian disiram kuah petis.

23. Nasi Becek

Nasi Becek

Makanan tradisional ini berasal dari daerah Nganjuk. Olahan nasi tersebut memiliki kuah yang membuatnya becek. Kuah yang digunakan sekilas mirip dengan kuah gulai, namun cenderung lebih encer serta bening. Dalam menu makanan tradisional tersebut, anda akan mendapatkan olahan nasi dengan tambahan sate, beberapa jenis sayuran serta babat.

24. Suwar – Suwir

Suwar Suwir

Suwar – suwir awalnya berasal dari Jember. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar tape singkong lembut. Suwar – suwir terlihat mirip seperti gethuk, namun memiliki tekstur lebih lembut serta rasanya lebih manis. Kini makanan tradisional suwar – suwi memiliki banyak varian rasa yang bisa anda pilih sesuai selera kalian.

25. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Salah satu olahan pecel lainnya paling khas nan nikmat adalah pecel semanggi. Pada umumnya pecel semanggi sama dengan pecel lain, dimana dibuat dari bahan sayuran serta tambahan sambal kacang.

Hanya saja sayur yang digunakan berupa tumbuhan semanggi. Tumbuhan semanggi sangat mudah ditemukan di area persawahan. Perlu kalian ketahui bahwa tumbuhan semanggi merupakan sejenis tumbuhan biore-mediasi  bermanfaat untuk membantu program diet.

26. Sate Kerang

Sate Kerang

Sate kerang memiliki keunikan pada cara memasaknya. Kerang yang sudah dibersihkan akan direbus terlebih dahulu hingga bertekstur lebih empuk. Setelah direbus, kerang akan dimasak menggunakan beragam bumbu rempah hingga bumbu benar – benar meresap dengan sempurna. Selanjutnya kerang akan dipanggang seperti sate pada umumnya hingga matang. Sate kerang biasanya disajikan bersama lontong balap.

27. Pecel Rawon

Pecel Rawon

Pecel rawon merupakan kombinasi dari dua menu makanan tradisional yaitu pecel dan rawon. Dalam 1 piring saji, anda akan menemukan pecel yang dicampur dengan rawon. Kombinasi ini akan menghasilkan sebuah rasa lezat nan nikmat.

Sayuran dari pecel akan dicampur dengan daging serta ditambahkan telur asin lalu disiram kuah khas rawon. Rasa pedas berpadu dengan gurih menjadikan makanan ini wajib anda coba.

28. Kare Ranjungan

Kare Ranjungan

Kare ranjungan merupakan makanan seafood berbahan dasar kepiting ranjungan. Makanan ini dimasak dengan kuah santan kental nan lezat. Makanan ini disajikan dengan nasi putih hangat dengan taburan bawang goreng. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini sangat cocok disantap sebagai menu makan siang atau makan malam terlezat.

29. Wingko Babat

Wingko Babat

Panganan satu ini terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda dan gula. Bahan – bahan tersebut diolah serta dibentuk menjadi bundar. Makanan tradisional satu ini memiliki rasa manis serta biasa dijadikan sebagai oleh – oleh khas Jawa Timur. Ada banyak varian rasa wingko babat untuk anda pilih sesuai keinginan anda.

30. Menjes Malang

Menjes Malang

Menjes Malang dibuat dengan bahan dasar tempe yang terbuat dari ampas tahu. Tempe tersebut kemudian dibalut dengan adonan tepung lengkap dengan aneka bumbu rempah beraroma gurih. Menjes Malang terlihat mirip mendoan, namun dengan bahan yang berbeda. Makanan tradisional satu ini sangat cocok dinikmati bersama sambal kecap atau cabai rawit hijau.

31. Krengsengan

Krengsengan

Salah satu makanan tradisional khas Jawa Timur tak kalah lezat nan nikmat yaitu krengsengan. Makanan ini dibuat dari daging kambing. Daging kambing tersebut diiris kecil – kecil serta diolah bersama aneka campuran bumbu mulai dari ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, kecap manis, garam dan lain sebagainya. Makanan ini hampir mirip seperti gulai, namun memiliki kuah lebih kental.

32. Sop Kikil

Sop Kikil

Sop satu ini berbeda dengan sop pada umumnya. Sop ini cenderung berbahan dasar kikil atau kulit sapi. Pada dasarnya kikil memiliki tekstur kenyal, namun karena dimasak dengan sangat baik maka tekstur kikil pada sop ini menjadi sangat empuk dan lembut.

Kuah sop kikil dibuat dari kaldu daging yang cukup kental sehingga rasanya sangat nikmat dan gurih. Sop kikil disajikan bersama nasi putih hangat, bawang goreng, sambal serta perasan jeruk nipis.

33. Opak Gambir

Opak Gambir

Pada awalnya opak gambir berasal dari Blitar serta menjadi salah satu oleh – oleh khas Jawa Timur. Makanan tradisional ini terbuat dari berbagai bahan mulai dari tepung terigu, sari buah, gula serta telur. Makanan tradisioanal khas Jawa Timur dibuat berbentuk corong dengan rasa gurih nan renyah.

34. Orem – Orem

Orem Orem

Orem – orem sendiri merupakan makanan tradisional khas malang yang sudah jarang dijumpai. Namun masih ada beberapa penjualnya. Orem – orem terdiri dari ketupat, tempe, bawang goreng, toge serta disiram dengan kuah santan gurih manis.

35. Lentho

Lentho

Lento adalah makanan tradisional khas ponorogo yang terbuat dari adonan tepung serta kacang ditambah parutan singkong dan bumbu lainnya. Semua bahan tersebut kemudian di goreng hingga matang. Lentho sendiri memiliki rasa gurih dan sedikit pedas campuran kacang serta tepung singkong.

Demikian beberapa makanan tradisional khas Jawa Timur yang enak, lezat dan legendaris. Selamat mencobanya dan juga selamat ketagihan.

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *