Museum Ranggawarsita : Harga Tiket, Daya Tarik, Lokasi & Rute

Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita – Jika anda berkunjung ke Semarang jangan sampai lupa untuk datang ke tempat wisatanya, banyak sekali tempat wisata di Semarang yang musti anda datangi. Salah satu yang perlu anda kunjungi yaitu Museum Ranggawarsita, pada museum ini sendiri sudah banyak penemuan menarik tentang benda purba, fosil-fosil dari makhluk hidup yang pernah hidup pada masa lampau.

Selain itu disana juga mengoleksi penemuan besar dan juga kisah yang menarik di tanah Jawa ini. Museum yang berdiri atau dibangun pada tahun 1975 sebagai salah satu gudang penyimpanan barang berharga masa lalu berupa itu tadi, penemuan-penemuan yang sudah di teliti oleh para peneliti tanah Jawa. Wisata edukasi semarang ini juga tidak kalah menariknya dengan Eling Bening Semarang dan Wahana Saloka Salatiga.

Diresmikan untuk pada 5 juli 1989 oleh menteri pendidikan dan kebudayaan pada masa itu, untuk luas museum ini memiliki luas dari objek wisata itu sendiri mencapai 8.348 meter persegi. Koleksi yang bisa anda lihat disini mencapai sekitar 50 ribu koleksi dan menjadi museum provinsi terbesar yang ada di Jawa Tengah.

Menjadi salah satu wisata populer yang ada di Semarang, museum yang satu ini banyak memiliki pengunjung. Baik itu dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari daerah atau kota lain. Bagi anda yang ingin berlibur sembari belajar, mungkin tempat museum yang sangat cocok untuk anda datangi bersama keluarga.

Museum Ranggawarsita di Semarang : Lokasi & Daya Tarik

Disini akan kami sampaikan mengenai beberapa informasi harga tiket masuk dan ada apa saja di dalam Museum Ranggawarsita di Semarang ini. Penasaran??? Simak terus sampai akhir.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Museum Ranggawarsita

Untuk anda yang ingin berkunjung ke museum yang satu ini, anda hanya mengeluarkan uang Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak-anak) untuk dapat masuk dan menikmati / melihat koleksi-koleksi barang dan fosil masa lampau yang telah di temukan oleh para peneliti. Museum yang satu ini buka setiap hari, buka mulai pukul 08.00 – 15.30 sore.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Alamat dan Rute

Bagi anda yang ingin datang menuju tempat wisata museum yang satu ini anda dapat langsung menuju Jalan Abdurrahman Saleh Nomor 01, Desa Kalibanteng kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk dapat sampai ke lokasi museum yang satu ini ada beberapa rute alternatif yang akan membuat anda lebih cepat, namun kembali lagi tergantung dengan lokasi anda. Bagi anda yang berada di titik awal stasiun Tawang. Jarak dari stasiun Tawang menuju ke lokasi kurang lebih sekitar 9,3 km dengan membutuhkan waktu kurang lebih di 20 menit melalui jalan Pantura.

Namun jika anda berada di titik awal Stasiun Poncol jarak yang dibutuhkan sekitar 9,2 km, dengan perkiraan waktu kurang lebih 21 menit dengan memilih jalan sudirman. Untuk dapat sampai ke lokasi anda dapat menggunakan angkutan umum, bus, taksi atau ojek online.

Jika ada dari anda yang memiliki titik awal di terminal terboyo, jarak yang akan di tempuh sekitar 12 km lebih dengan waktu 25 menitan untuk dapat sampai ke museum ini. Sementara untuk anda yang memiliki titik awal di bandara Ahmad Yani, jaraknya sangat dekat yaitu 5 km dengan kisaran waktu tempuh paling lama 15 menitan.

Daya Tarik yang Diberikan

Daya Tarik

1. Ruang Pewayangan

Disana anda akan di suguhi berbagai jenis wayang yang juga ada ceritanya sekaligus. Ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengajak anak untuk lebih mengenal budaya tradisional.

2. Peninggalan Zaman Peradaban

Berada di lantai dua, anda akan disambut dengan berbagai macam koleksi benda dari berbagai zaman peradaban. Mulai dari zaman batu, berupa peradaban batu berupa serpih, kapak genggam, punden berundak, menhir, dan beberapa arca yang telah di temukan pada wilayah Jawa Tengah ini. Selain itu ada pula pada zaman perunggu, zaman peradaban polinesia serta zaman pengaruh islam dan kolonial Belanda.

3. Peninggalan Budha-Hindu

Dimuseum yang satu ini memiliki sebuah miniatur candi Prambanan dan candi Borobudur yang telah dikenal lama memiliki sejarah panjang tentang berkembangnya Budha-Hindu di nusantara ini. Disana juga terdapat pula koleksi masyarakat pada tempo dulu yaitu kentongan kendi, Bokor, bejana, cetakan mata uang dan genta, cermin, lampu gantung.

4. Galeri Geologi

Terdapat lantai satu, menjadikan tempat atau ruangan yang paling awal ketika anda sudah mulai masuk kedalam museum yang satu ini. Pada ruangan ini menawarkan berupa Gunungan Blambangan yang dirancang oleh Raden Patah pada abad ke 15 lalu, gunungan ini sendiri menggambarkan alam semesta, manusia, serta lingkungannya sekaligus. Disana juga menawarkan lukisan galaksi, serta proses terbentuknya planet, atmosfer bumi dan juga koleksi-koleksi lukisan benda luar angkasa lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata berupa Museum Ranggawarsita yang ada di Semarang. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkan informasi ini, jika anda datang ke Museum Ranggawarsita ini jangan sampai lupa untuk mengajak keluarga, teman, sahabat untuk dapat berlibur sambil belajar.

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *