22 Oleh Oleh Khas Lombok Yang Unik dan Wajib di Beli

Oleh Oleh khas Lombok

Oleh Oleh Khas Lombok – Bagi anda mendengar Pulau Lombok merupakan hal begitu menyenangkan, pastinya yang akan di bahas adalah mengenai tempat wisatanya. Lombok merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat dengan berjuta pesona dan keindahan alam begitu luar biasa.

Terkenal dengan pesona alam berupa jajaran pantai begitu indah, tidak heran jika pantai-pantai di Lombok menjadi tujuan banyak wisatawan. Salah satu pantai yang terkenal sendiri seperti Pantai Pink Lombok, Pantai Bangko-Bangko dan masih banyak lagi tempat wisata selain pantai yang juga tidak kalah indahnya.

Mungkin sedikit aneh rasanya jika setelah senang berlibur di Lombok pulangnya tidak membawa oleh oleh khas Lombok yang begitu unik dan beda dari lainnya. Salah satu oleh oleh yang sangat terkenal menjadi buah tangan atau oleh-oleh khasnya untuk orang tidak diajak berlibur ke Lombok adalah kain tenunnya.

kain tenun khas Lombok memang beda di tempat lainnya, hal membedakannya adalah dalam segi corak atau motifnya. Selain itu, oleh oleh kain tenun khas Lombok juga masih di kerjakan secara langsung menggunakan tangan dan peralatan tradisional, atau bisa di bilang di kerjakan secara manual.

Ke Lombok Tidak Membawa Pulang Oleh Oleh khasnya??? Ini Dia Beberapa Oleh Oleh khas Lombok Yang Unik dan Mesti di Beli

Dengan mempunyai banyak sekali pilihan oleh oleh khas nya, menjadikan pengunjung tidak usah bingung dan berfikir lama untuk membawakan oleh oleh apa nantinya untuk orang dirumah. Pastinya anda penasaran??? Ini dia beberapa oleh oleh khas Lombok harus atau wajib di beli.

1. Kain Tenun Lombok

Kain Tenun Lombok

Oleh oleh pertama mesti anda beli untuk orang di rumah adalah kain tenunnya. Berbeda dengan kain tenun di daerah lain, kain tenun khas Lombok ini berbeda karena memiliki corak atau motif unik sehingga wajib untuk membelinya. Bagi anda pengunjung yang ingin membelinya, dapat langsung saja datang ke shopping center atau dapat dengan mudah ditemukan pada pedagang di pinggir-pinggir jalan. Selain itu anda dapat langsung menemui pengrajinnya dan melihat proses pembuatannya di Desa Sade dan Sukarara, Lombok Tengah.

2. Songket Lombok

Songket Lombok

Oleh oleh khas dari Lombok selanjutnya berupa Songket, hampir sama seperti kain tenun. Songket juga menjadi buruan oleh para pengunjung untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga. Yang membedakan antara songket dan kain tenun itu sendiri adalah cara pengerjaannya. Songket dapat dikerjakan dengan waktu terbilang cukup lama karena masih menggunakan proses manual untuk menyelesaikan. Sedangkan untuk kain tenun sendiri dapat di kerjakan lebih cepat, karena sudah di kerjakan mengunakan alat semi otomatis.

Dengan harga kisaran 75 ribu sampai jutaan anda sudah dapat membawa pulang songket ini untuk di jadikan oleh oleh khas. Semakin unik serta keren motif yang terdapat pada kain songket menjadikan harganya juga akan semakin mahal pastinya. Kain songket khas Lombok yang di beli nantinya dapat di jadikan sebagai selendang, baju, dress dan penutup tubuh lainnya. Sama seperti kain tenun, jika anda ingin membeli songket ini dapat datang langsung menuju Desa Sade, Sukarara atau dapat datang ke shopping center.

3. Kerajinan Gerabah Lombok

Kerajinan Gerabah Lombok

Selain terkenal dengan kain tenun dan songketnya, pengunjung juga dapat membeli oleh oleh khas lainnya seperti kerajinan gerabahnya. Kerajinan gerabah sendiri memiliki bentuk unik dan ciri khas tersendiri, motif pada sisi gerabahnya akan menarik pengunjung untuk membelinya. Anda dapat membeli kerajinan gerabah ini untuk dijadikan oleh oleh khas atau sekedar pajangan di rumah. Jika ingin membeli kerajinan gerabah khas Lombok ini anda dapat datang langsung ke Desa Banyumelek, disana di Desa Blenyek anda akan menjumpai setiap warganya sedang membuat kerajinan gerbah tersebut di depan rumahnya. Sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatannya, jika beruntung anda dapat mencoba membuat dengan dibantu serta juga diarahkan oleh pengrajinnya.

4. Mutiara Lombok

Mutiara Lombok

Menjadi salah satu daerah penghasil mutiara terbesar di Indonesia, bahkan kualitas dari mutiara tersebut sudah di akui berkelas internasional. Sehingga sangat disayangkan jika pengunjung sedang berlibur ke Lombok tidak membawa oleh oleh khas dari pulau Lombok ini. Saat ini banyak sekali pengrajin mutiara di Lombok, sehingga anda tidak usah khawatir mengenai sulitnya menemuinya. Pengrajin disana menyulap mutiara tersebut untuk dijadikan sebagai perhiasan seperti cicin, kalung, anting dan masih banyak lainnya.

Mutiara di lombok sendiri ada dua jenis yaitu mutiara air tawar dan juga mutiara air laut. Biasanya dalam sekali panen satu kerang laut hanya menghasilkan 1 mutiara saja, berbeda dengan kerang air tawar yang menghasilkan lebih dari satu bahkan puluhan. Hal itu menjadikan perhiasan atau mutiara air laut harganya jauh lebih mahal dari mutiara air tawar. Namun jika dalam memilih mutiara, anda selalu berhati-hati agar tidak tertipu serta kenali terlebih dahulu mana mutiara asli dan mana palsu. Untuk mengantisipasi hal ini, pengunjung dapat mendatangi penjual atau toko terkenal serta terpercaya menjual mutiara-mutiara asli.

5. Kaos dan Aksesoris Lombok

Kaos dan Aksesoris Lombok

Berkeinginan membawakan oleh oleh khas dari Lombok untuk keluarga di rumah tanpa harus ribet. Pengunjung dapat membawakan oleh oleh khas berupa kaos atau baju dan aksesoris lainnya yang menunjukan khas nya dari Lombok. Sama seperti kebanyakan daerah lainnya, pastinya banyak sekali pedagang menjajahkan oleh oleh khas berupa baju di ruko pinggir jalan. Harganya juga terbilang relatif cukup terjangkau yaitu sekitar 50 ribu sampai ratusan ribu untuk setiap setelnya.

6. Dodol Rumput Laut Lombok

Dodol Rumput Laut Lombok

Oleh oleh khas selanjutnya berupa makanan, di Lombok sendiri mempunyai oleh oleh khas sangat unik serta beda dari daerah lainnya yaitu berupa dodol rumput laut. Jika anda mengenal dodol hanya ada di Garut, jawa Barat. Siapa sangka, di Lombok juga mempunyainya oleh oleh khas berupa dodol. Karena terkenal dengan pantainya, tidak heran makanan khas di sana memiliki bahan dasar dari laut dan salah satunya itu tadi dodol rumput laut.

Memiliki bahan dasar dari tepung rumput laut, juga beberapa buah serta sayuran menjadikan dodol ini rasanya manis alami serta begitu segar. Selain enak dodol rumput laut ini juga sangat menyehatkan, karena rasa manis yang dihasilkan terbuat dari bahan alami. Sehingga aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Untuk harga oleh oleh khas ini sendiri terbilang cukup terjangkau yaitu 10 ribu sampai ratusan ribu tergantung dengan besaran bungkusnya. Jika ingin membeli oleh oleh khas dari Lombok ini anda dapat datang langsung ke pusat oleh oleh.

7. Madu Sumbawa Lombok

Madu Sumbawa Lombok

Selain terdapat dodol rumput laut yang menjadi oleh oleh khas nya, masih banyak berbagai olahan makanan atau minuman juga menjadi ciri khas oleh oleh dari Lombok. Yang sangat terkenal antara lainnya yaitu berupa madu Sumbawa nya, madu di Sumbawa ini beda dari madu-madu di daerah lain. Madu di Sumbawa biasanya memiliki warna putih, beda dengan kebanyakan madu biasanya memiliki warna coklat keemasan. Memiliki rasa manis, enak dan memiliki khasiat bagus untuk kekebalan tubuh. Banyak para pengunjung atau wisatawan menjadikan madu Sumbawa ini menjadi salah satu oleh oleh khas dari lombok untuk keluarga di rumah. Jika anda ingin membelinya oleh oleh khas satu ini dapat datang langsung ke pusat oleh oleh terdekat, biasanya harga madu ini memiliki harga sekitar 75 ribu untuk setiap kemasan 450 ml.

8. Tuak Manis Lombok

Tuak Manis Lombok

Oleh oleh khas dari Lombok selanjutnya yang terkenal adalah tuak manisnya. Terbuat dari bahan dasar nira kelapa, menjadikan pengunjung atau wisatawan yang datang ke Lombok dapat membawakan oleh oleh khasnya untuk orang di rumah. Tuak manis ini sangat pas di minum pada saat cuaca hari sudah mulai panas, selain itu juga banyak masyarakat Lombok menjadikan tuak sebagai menu wajib pada saat bulan puasa tiba. Anda dapat menemukan dengan mudah penjual tuak manis ini di sekitaran atau tepian jalan di Lombok. Harganya juga sangat murah meriah hanya 5 ribu rupiah untuk setiap botol untuk kemasan 1 liter.

9. Telur Asin Bakar

Telur Asin Bakar

Tidak hanya kota Brebes saja yang terkenal akan telor asinnya, di Lombok juga memiliki sebuah oleh oleh khas berupa telor asin bakar. Makanan ini di kenal belum lama sekitar tahun 2012, di hasilkan oleh penduduk Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur. Jika datang ke kota ini wajib untuk mencoba telur asin ini untuk di jadikan sebagai salah satu lauk makan. Jangan sampai lupa juga untuk membungkusnya sebagai oleh oleh khas dari Lombok untuk keluarga dirumah. Untuk harganya sendiri penjual menjatuhi harga 5 ribu untuk setiap satu butirnya, mungkin jika anda membelinya dengan jumlah banyak, pedagang dapat memberikan diskon.

10. Susu Kuda Liar Lombok

Susu Kuda Liar Lombok

Bagi anda yang senang dan suka sekali dengan olahan apapun itu makanan atau minuman berbahan dasar susu. Anda wajib mencoba susu kuda liar khas Lombok ini, selain itu juga dapat dijadikan sebagai oleh oleh khas untuk keluarga di rumah. Salah satu desa penghasil susu kuda liar terkenal adalah Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dampu. Disana masih ada banyak warga atau masyarakat mencari susu kuda liar di hutan. Namun harga susunya sendiri di banderol cukup mahal mengingat pekerja cukup sulit untuk mendapatkan susu kuda liar tersebut serta harus terlebih dahulu untuk memanggil kudanya di hutan.

11. Terasi

Terasi

Bagi anda yang memiliki keluarga senang makan menggunakan sambel terasi, maka wajib untuk anda belikan terasi khas Lombok tentunya. Terkenal sejak dahulu memiliki cita rasa begitu lezat serta enak membuat terasi Lombok ini menjadi salah satu olahan yang patut untuk dijadikan sebagai oleh oleh khasnya. Anda dapat dengan mudah menemukan terasi lokal di setiap warung-warung di daerah lombok.

Ada beberapa jenis terasi mesti dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah, seperti terasi jerowaru, lengkare, dan beroq. Setiap jenisnya tersebut memiliki tekstur serta cita rasa berbeda, ada yang memiliki rasa manis ada juga rasa sedikit pahit. Itu dapat menjadi pilihan tergantung selera, namun alangkah baiknya beli semua jenis dan rasakan nanti di rumah. Untuk dari segi harganya juga sangat terjangkau atau bisa di bilang murah meriah.

12. Kopi Prabe

Kopi Prabe

Jika sedang berlibur di Lombok dan mengaku pecinta kopi, jangan sampai tidak membeli kopi prabe khas Lombok sama sekali. Kopi prabe sendiri sangat terkenal sebagai salah satu kopi terenak di Lombok, kopi yang berasal dari dusun prabe ini selain terkenal dengan ke enakannya juga terkenal aromanya sangat harum dan juga memiliki rasa khas di lidah.

Yang menjadikan khas dari kopi lainnya mungkin karena proses pembuatannya masih secara tradisional, membuat aroma yang keluar dari kopi prabe ini ketika diseduh sangat berbeda. Selain itu daerah penghasil kopi ini memang berada di dataran tinggi membuat pohon kopi dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan biji kopi baik pula.

13. Sambal Encim

Sambal Encim

Indonesia memang beda dengan negara-negara lainnya, mayoritas penduduk atau masyarakatnya memiliki hal unik yaitu senang atau gemar makan dengan di temani oleh sambal. Katanya si kurang mantap dan berselera jika makan tidak ada sambalnya. Nah setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki khas tersendiri mengenai sambalnya, rasa pada sambalnya sendiri berbeda beda pula. Salah satunya adalah daerah lombok ini, disini juga memiliki sambalnya memiliki ciri khas tersendiri namanya sambal encim. Selain dapat mencicipinya langsung jika sedang berada di Lombok, saat ini ada beberapa masyarakat yang mengembangkan sambal encim ini dijadikan sebagai oleh oleh khas.

Hal ini terbilang cukup unik mengingat biasanya banyak orang berlibur ke suatu tempat membawakan oleh oleh berupa baju atau lainnya. Lombok justru memiliki hal unik yang yaitu memberikan beda dari yang lainnya dengan memberikan oleh oleh berupa sambal encim ini. Oleh oleh khas dari Lombok satu ini biasanya di kemas dengan cara di masukan ke dalam botol, supaya dapat bertahan cukup lama. Varian sambalnya juga terdapat banyak rasa seperti sambal cabai ijo, sambal terasi taliwang, sambal ebi, sambal ikan asap, sambal rumput laut dan juga sambal rendang. Bagi pencinta pedas wajib untuk mencobanya, pastinya akan ketagihan. Untuk harganya sendiri mulai dari 25 ribu sampai ratusan ribu tergantung besar kecilnya kemasan diminta.

14. Keripik Ceker

Keripik Ceker

Oleh oleh khas dari Lombok selanjutnya berupa kripik ceker, memang sudah banyak dan mudah di temukan keripik ceker di daerah lain. Namun yang membedakan oleh oleh khas satu ini adalah cita rasanya, mungkin hal itu membuat beda dari keripik ceker di daerah lain. Olahan keripik ceker di lombok ini sangatlah populer dan banyak orang memburunya untuk dijadikan oleh oleh khas bagi keluarga di rumah.

Harga sebungkus keripik ceker ini sekitaran 65 ribu sampai ratusan ribu tergantung dengan ukuran kemasan yang di minta. Jika anda ingin membeli oleh oleh khas dari Lombok satu ini untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah, mintalah kepada penjual keripik yang baru digoreng agar ketika sampai di rumah kondisi kerip masih gurih dan kriuk-kriuk.

15. Keripik Rumput Laut

Keripik Rumput Laut

Hampir sama dengan oleh oleh khas dari Lombok di atas yaitu berupa keripik. Oleh oleh keripik satu ini beda dari lainnya, yaitu memiliki bahan dasar berupa rumput laut. Terkenal dengan pesona pantainya menjadikan sangat mudah sekali untuk mendapatkan sebuah rumput laut, apalagi disana banyak sekali petani rumput lautnya. Untuk prosesnya sendiri keripik rumput laut ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum digoreng. Setelah dijemur dan di keringkan kemudian melawati beberapa tahap lagi seperti di beri bumbu kemudian baru dapat di goreng. Setelah di goreng dan di tiriskan baru nantinya di berikan rasa. Rasa yang di berikan cukup bervarian ada keju, jagung manis, original dan masih banyak yang lainnya. Untuk harga sama seperti keripik ceker tergantung dengan besaran bungkus yang di minta, biasanya di banderol dengan harga sekitar 35 ribu untuk kemasan sedang. Anda dapat menemuinya dengan mudah di pusat oleh oleh atau toko toko besar.

16. Stik Kangkung

Stik Kangkung

Hampir sama seperti oleh oleh khas dari Lombok sebelumnya keripik, hanya saja bahan dasarnya berbeda yaitu berupa kangkung. Cara atau proses dan juga rasanya pun hampir sama. Untuk satu bungkus stik kangkung ukuran sedang ini dibanderol dengan harga 35 ribuan saja. Keripik stik kangkung ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas untuk keluarga dirumah.

17. Stik Rumput Laut

Stik Rumput Laut

Memang banyak sekali oleh oleh khas dari Lombok yang memiliki bahan dasar rumput laut. Salah satunya stik rumput laut, memang sangat mudah sekali menemukan rumput laut. Warga atau masyarakat memiliki ide untuk di jadikan olahan makanan menarik untuk sdibeli oleh pengunjung yang datang. Untuk harga hampir sama seperti kebanyakan yang lainnya seperti harga keripik dan stik kangkung.

18. Kacang Mete Lombok

Kacang Mete Lombok

Terkenal sebagai salah satu daerah terbesar penghasil kacang mete. Pastinya memiliki beberapa olahan makanan khas berbahan dasar kacang mete tentunya. Semua orang pastinya menyukai kacang satu ini, terlagi jika sudah di tambah dengan varian rasa pastinya menambah mulut anda tidak mau berhenti mengunyah. Di Lombok sendiri kacang mete di jadikan sebagai oleh oleh khas, banyak pengunjung membeli kacang mete ini untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk di rumah. Harga dari kacang mete sendiri terbilang lumayan mahal, satu kilogram saja dapat mencapai harga 100 ribu.

19. Manisan Rumput Laut

Manisan Rumput Laut

Olahan makanan memang sangat pas dijadikan sebagai oleh oleh bagi keluarga di rumah. Nah di Lombok terkenal dengan pantainya menjadikan, warga sekitar tidak asing dengan apa itu yang namanya rumput laut. Sehingga berbagai olahan makanan berbahan dasar rumput laut disana mudah di temukan seperti manisan rumput laut, stik rumput laut dan juga kripik rumput laut. Manisan rumput laut ini sendiri harganya juga bervariasi dari 35 ribu sampai ratusan ribu. Ditambah dengan warna rumput laut yang lucu dipadukan dengan kemasan yang unik menjadi daya tarik pengunjung untuk membelinya.

20. Minyak Sumbawa

Minyak Sumbawa

Selain terkenal dengan banyaknya oleh oleh khas makanannya, di Lombok juga menawarkan juga berupa oleh oleh cukup anti mainstream yaitu berupa minyak. Minyak Sumbawa sendiri dikenal sebagai salah satu minyak yang di percaya dan mampu menyembuhkan penyakit. Ramuan dari minyak ini memiliki aroma khas, karena bahan-bahan dari minyak satu ini tidak sembarangan sehingga menghasilkan kualitas minyak yang bagus. Uniknya lagi pembuatan minyak satu ini di buat pada saat bulan muharam saja, hal ini dianggap oleh banyak petuah mengurangi kesakralannya. Jika anda ingin membawa sebagai oleh oleh khas anda bisa mendapatkannya di toko yang menyediakan dengan harga 20 ribu untuk satu boto kecil.

21. Permen Susu Kuda Liar

Permen Susu Kuda Liar

Oleh oleh khas selanjutnya yaitu berupa permen susu kuda liar. Selain dapat di minum secara langsung susu kuda liar juga di olah sebagai permen, hal ini dapat membantu minat dari pengunjung untuk membelinya. Sudah disampaikan di atas bahwa untuk mendapatkan susu kudanya sendiri saja cukup sulit, menjadikan berbagai macam olahan khas dari susu kuda liar memiliki harga terbilang cukup mahal.

22. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin

Oleh oleh khas selanjutnya yaitu berupa makanan menyehatkan. Konon abon ikan marlin ini mempunyai kandungan Omega 3 dan DHA begitu bermanfaat untuk kesehatan otak. Salah satu kelebihan Abon Ikan dibandingkan abon sapi yaitu abon ikan bebas dari kolesterol sehingga lebih sehat serta lebih aman bagi penderita kolesterol. Tidak heran jika saat ini oleh-oleh khas Lombok satu ini tengah populer karena himbauan agar lebih banyak mengkonsumsi ikan.

Itulah dia beberapa pilihan oleh-oleh khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sangat di anjurkan untuk membeli dan menjadikan oleh oleh bagi keluarga di rumah yang tidak di ajak untuk berlibur. Jangan sampai lupa juga untuk mempersiapkan koper terbaik dan besar sehingga dapat menampung semua oleh oleh dari Lombok.

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *