45 Wisata di Banyuwangi : Harga Tiket, Alamat, Rute & Fasilitas

Objek Wisata di Banyuwangi yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Wisata di Banyuwangi –  Tidak bisa dipungkiri jika Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang menawarkan begitu banyak tempat wisata menarik. Selain Wisata Pantai, Daerah ini juga memiliki beragam objek wisata lainnya yang tidak kalah seru.

Wisata di Banyuwangi juga terbagi menjadi beberapa kategori, antara lain wisata alam, wisata kuliner, wisata tradisional, dan beberapa taman rekreasi. Semua wisata di Banyuwangi menjanjikan keseruan maksimal pada setiap pengunjung.

Nah, jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau kerabat, beberapa tempat wisata Banyuwangi ini bisa menjadi pilihan tepat. Selain keseruan yang ditawarkan, pihak pengelola tempat-tempat tersebut juga sudah menyediakan fasilitas memadai.

Apabila anda ingin menikmati suasana tradisional khas masyarakat Banyuwangi, anda bisa menyambangi Desa Osing Kemiren. Tempat ini akan membawa anda untuk mengenal lebih dekat mengenai tradisi asli masyarakat Banyuwangi. Bahkan anda juga bisa mencicipi Kuliner khas Banyuwangi bernama Pecel Pitik Kemiren.

Objek Wisata di Banyuwangi yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Selain itu, Banyuwangi juga memiliki taman rekreasi air bernama Umbul Bening Waterpark. Di tempat ini anda akan disuguhi berbagai macam wahana permainan air seru dan mengasyikkan. Dengan mencobanya bersama keluarga atau kerabat, dijamin liburan anda akan terasa lebih seru. Masih banyak lagi objek wisata di Banyuwangi dan selengkapnya bisa anda simak dibawah ini.

1. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Tempat ini cocok banget bagi anda penggemar fotografi. Ya, pepohonan trembesi yang rimbun menghasilkan pemandangan nan ekstotis, terutama pada sore hari. Selain itu, Jawatan Benculuk juga sering menjadi lokasi foto prewedding. Jika anda tertarik berkunjung ke Jawan Benculuk, tempat ini berlokasi di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam dan tidak ada biaya untuk tiket masuk alias gratis.

2. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Apakah anda bermimpi untuk menyambangi keindahan alam di Raja Ampat ? Mengingat biaya menuju ke Pulau Raja Ampat tidaklah murah, anda bisa berkunjung ke Waduk Bajulmati di Desa Watukrejo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Tempat ini menyuguhkan pesona alam menyerupai Raja Ampat di Papua. Selain itu, berbagai fasilitas juga telah tersedia di objek wisata ini, mulai dari toilet umum, hingga penyewaan ATV. Menariknya lagi, setiap pengunjung tidak akan dikenai biaya tiket masuk ketika berkunjung ke Waduk Bajulmati.

3. Lori Wisata Kalibaru

Lori Wisata Kalibaru

Melalui Objek wisata ini anda akan diajak berkeliling menggunakan lori atau kereta kecil menikmati indahnya alam Kalibaru. Wisata ini berlokasi di Stasiun Kalibaru, Jalan Raya Kalibaru, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan untuk biaya yang harus dikeluarkan memang cukup mahal, yakni 1,2 juta rupiah. Biaya tersebut digunakan untuk menyewa lori dengan kapasitas 12 orang, jadi anda bisa patungan dengan teman-teman. Wisata di Banyuwangi ini hanya beroperasi ketika akhir pekan.

4. Bukit Mondokelo Sragi

Bukit Mondokelo Sragi

Bukit Mondokelo Sragi masuk dalam kategori wisata alam di Banyuwangi. Di tempat ini tersedia fasilitas berupa gardu pandang yang berhadapan langsung dengan indahnya alam sekitar. Kemudian untuk alamat, tempat ini berlokasi di Desa Sragi, Kecamatan Sronggon, Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan untuk biaya tiket masuk Bukit Mondokelo Sragi adalah 0 rupiah alias gratis. Menarik bukan ?

5. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Masih seputar wisata alam di Banyuwangi, kali ini adalah tempat bernama Puncak Asmoro. Serupa dengan Bukit Mondokelo Sragi, tempat ini juga menyuguhkan panorama alam nan eksotis, ditambah lagi pihak pengelola juga telah menyediakan spot foto menarik dan juga instagramable. Puncak Asmoro berlokasi di Dusun Kacang Asri, Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Setiap pengunjung hanya akan dikenai biaya 2.000 rupiah sebagai tiket masuk.

6. Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore

Banyuwangi juga menawarkan objek wisata cukup unik, yaitu Rumah Kurcaci Glenmore. Berlokasi di Jl. Untung Suropati No. 44, Desa Karangharjo, Glenmore, Banyuwangi, tempat ini cocok sekali dikunjugi bersama keluarga. Anak-anak pasti akan sangat senang ketika bermain di rumah kurcaci, selain itu terdapat beberapa spot foto menarik untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Menariknya lagi, pengunjung juga tidak akan dikenai biaya tiket masuk ketika berkunjung ke Rumah Kurcaci Glenmore.

6. Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren

Penasaran dengan tradisi asli masyarakat Banyuwangi ? atau ingin menyaksikan festival budaya setempat ? tenang, semua itu tersedia di Desa Wisata Osing Kemiren. Lokawisata tersebut berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, di tempat ini juga sering diadakan festival, salah satunya adalah festival Sepuluh Ewu Kopi. Festival ini selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Kemudian untuk tiket masuk, setiap pengunjung hanya perlu merogoh kocek 5.000 rupiah. Sangat murah bukan ?

7. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism merupakan tempat wisata sekaligus kawasan reservasi hutan bakau. Melalui tempat ini anda akan diajak berkeliling menggunakan perahu gondang-ganding menikmati panorama alam nan eksotis dari hutan bakau. Setiap pengunjung akan dikenai biaya 200.000 rupiah untuk sewa perahu berkapasitas 10 – 15 orang, biaya tersebut bisa anda kumpulkan dengan cara patungan bersama teman-teman. Lokawisata ini berada diantara Pantai Grajagan dan Alas Purwo, atau lebih tepatnya di Dusun Bloksolo, Desa Sumbersari, Purwoharjo, Banyuwangi. Untuk tiket masuknya adalah 7.500 rupiah per orang.

8. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan destinasi wisata pantai favorit di Banyuwangi. Pantai ini terletak di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Di tempat ini anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bersepeda di sekitar pantai, memancing, hingga menikmati indahnya Sunset di sore hari. Atau jika anda mempunyai keberanian khusus, anda bisa menjajal ganasnya ombak di laut Plengkung dengan cara berselancar. Kemudian untuk biaya tiket masuk Pantai Plengkung adalah 10.000 rupiah per orang.

9. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Wisata di Banyuwangi yang satu ini juga bisa menjadi alternatif tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pulau Tabuhan menawarkan pesona pantai menakjubkan dan dijamin akan membuat anda berdejak kagum. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana seru. Daya tarik tempat ini adalah keindahan alam bawah lautnya dan penangkaran burung-burung langka. Jika anda penasaran dengan tempat ini, anda bisa menempuh perjalanan menuju Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

10. Waduk Sidodadi Glenmore

Waduk Sidodali Glenmore

Selain rumah kurcaci, kawasan wisata Glenmore juga memiliki objek wisata lainnya yang tidak kalah seru. Adalah Waduk Sidodadi Glenmore, tempat ini akan membawa anda untuk menikmati sejuknya suasana alam di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas dan wahana seru, diantaranya adalah penyewaan ATV, Outbond, Arung Jeram, dan Sepeda air dengan harga sewa sangat terjangkau. Kemudian untuk tiket masuk tempat wisata ini adalah 5.000 sampai 20.000 rupiah tergantung dengan jenis kendaraan.

11. Hutan Pinus Songgon

Hutan Pinus Songgon

Berada di kaki Gunung Raung dan memiliki luas 12 hektar, Hutan Pinus Songgon menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona. Tempat ini banyak diburu oleh mereka para pecinta fotografi. Selain itu anda juga bisa menjajal sensasi berkuda dan memanah di Hutan Pinus Songgon. Untuk alamat, wisata ini berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbulu, Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan untuk tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenai biaya 5.000 rupiah. Jika anda ingin menjajal wahana di tempat ini, tentu anda wajib membayar biaya tambahan.

12. Samudra Selfie dan Resto

Samudra Selfie dan Resto

Untuk mengatasi masalah perut yang keroncongan, anda bisa menyambangi Samudra Selfi dan Resto. Tempat tersebut berlokasi di Jalan Pantai Rejo, Desa Pakis, Banyuwangi. Untuk setiap pengunjung akan dikenai biaya 5.000 rupiah sebagai tiket masuk, dan 2.000 sampai 5.000 untuk biaya parkir. Di tempat ini anda tidak hanya bisa menyantap hidangan yang nikmat dengan suasana alam yang asri. Melainkan, anda juga bisa berburu spot foto unik dan instagramable untuk mengabadikan momen liburan anda bersama keluarga.

13. Umbul Bening Waterpark

Green Gumuk Candi

Jika anda bosan dengan wisata alam di Banyuwangi, Taman rekreasi air yang berada di Dusun Salamrejo, Desa Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi bisa menjadi alternatif yang tepat. Tempat tersebut bernama Umbul Bening Waterpark, di dalamnya terdapat berbagai jenis permainan air yang pasti sangat seru dan mengasyikkan. Selain itu, pihak pengelola wisata ini juga menyediakan fasilitas wisata yang memadai. Untuk biaya tiket masuk Umbul Bening Waterpark, setiap pengunjung akan dikenai biaya 15.000 rupiah. Umbul Bening Waterpark buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai dengan 16:00 waktu setempat.

14. Savana Sadengan

Savana Sadengan

Wisata di Banyuwangi yang satu ini cukup unik, pasalnya tempat ini akan mengajak anda untuk memantau aktivitas satwa liar melalui gardu pantau. Savana Sadengan berlokasi di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Savana Sadengan menawarkan sensasi berada di penangkaran hewan liar Afrika, tentu saja pengalaman tersebut tidak akan terlupakan. Kemudian pihak pengola tempat wisata ini juga telah menyediakan beragam fasilitas wisata yang memadai, mulai dari spot foto menarik hingga penyewaan mobil Jeep.

15. Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung merupakan wisata alam di banyuwangi yang menjadi favorit banyak wisatawan. Berlokasi di kaki gunung raung, lebih tepatnya di Dusun Sumberasih, Kelurahan Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki cukup jauh dari arep parkir. Namun, suasana serta pemandangan di sekitar kaki gunung raung mampu menjadi teman setia dalam perjalanan. Sesampainya di Air terjun, anda akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau. Kemudian untuk tiket masuk air terjun telunjuk raung, setiap pengunjung cukup membayar 5.000 rupiah.

16. Taman Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota

Wisata di Banyuwangi yang satu ini bisa menjadi pilihan jika anda bosan dengan suasana alam. Taman Gandrung Terakota berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tamansari, Licin, Banyuwangi. Taman ini buka setiap hari senin sampai dengan kamis mulai pukul 08:00 – 19:00. Khusus untuk hari Jumat sampai minggu, Taman Gandrung buka lebih lama, yaitu mulai 08:00 sampai 22:00 waktu setempat. Untuk biaya tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenai biaya 10.000 rupiah. Kemudian pihak pengelola juga berencana mengadakan pertunjukan tari gandrung di Taman Gandrung Terakota.

17. Kampoeng Primitif Purwodadi

Kampoeng Primitif Purwodadi

Di tempat wisata ini anda akan menjumpai orang-orang dengan busana khas suku pedalaman lengkap dengan aksesoris khas mereka seperti kalung taring, dan senjata dari tulang belulang. Tenang, mereka semua bukanlah suku primitif asli, melainkan para petugas objek wisata tersebut. Di Kampoeng Primitif Purwodadi anda juga bisa menyambangi rumah-rumah khas suku pedalaman yang terbuat dari kayu dan beratap jerami. Penasaran dengan tempat ini ? wisata Banyuwangi ini berada di Dusun Krajan, Desa Purwodadi, Gambiran, Banyuwangi. Biaya tiket masuk Kampoeng Primitif Purwodadi dibanderol 5.000 rupiah per orang.

18. Green Gumuk Candi

Green Gumuk Candi

Green Gumuk Candi merupakan tempat wisata kolam renang yang cukup unik. Ya, di tempat ini anda bisa bermain air dan berenang di kolam renang yang berada di ketinggian lebih dari 1000 meter diatas pemukaan laut. Dengan berenang di Green Gumuk Candi anda akan disuguhi pemandangan berupa pepohonan yang hijau dan jika cuca sedang cerah, anda juga bisa menikmati megahnya Gunung Raung dari kejauhan. Green Gumuk Candi berlokasi di Desa Gumuk Candi, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Biaya tiket masuk tempat ini dibanderol 5.000 rupiah per orang. Selain itu, di tempat ini juga tersedia banyak sekali spot foto yang unik dan menarik.

19. Wisata Kuliner Ayam Pedas Rantinem

Wisata Kuliner Ayam Pedas Rantinem

Setelah puas menyambangi tempat wisata di Banyuwangi, anda bisa mencoba kuliner khas Banyuwangi bernama Ayam Pedas Rantinem. Sajian ini cocok dinikmati ketika cuaca sedang dingin, citarasa pedas yang dimiliki makanan ini siap menghangatkan tubuh anda sekaligus mengisi perut anda yang sedang keroncongan. Kuliner khas Banyuwangi ini bisa anda temui di Jalan Raya Jember, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini buka mulai pukul 15:00 sampai dengan 22:00 waktu setempat. Harga satu porsi Ayam Pedas Rantinem dibanderol 20.000 rupiah.

20. Pecel Pitik Desa Kemiren

Pecel Pitik Desa Kemiren

Selain memperkenalkan sisi budaya asli dari masyarakat Banyuwangi, Desa Kemiren juga memiliki sajian khas Banyuwangi yang sudah hampir punah. Menu tersebut adalah Pecel Pitik, sajian ini hanya bisa anda temui di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Sajian ini sebenarnya hampir sama dengan pecel ayam lainnya, hanya saja untuk pecel pitik desa kemiren ini memiliki citarasa yang khas dari parudan klapa yang bertabur diatasnya. Harga satu porsi pecel pitik desa kemiren dibanderol cukup terjangkau.

Berikut adalah informasi dari kami mengenai wisata di Banyuwangi, jika anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga beberapa tempat wisata diatas mungkin bisa menjadi referensi. Tempat wisata Banyuwangi yang kami sajikan diatas terdiri dari wisata alam, wisata tradisional, wisata kuliner, dan juga taman rekreasi.Keseruan yang ditawarkan tempat-tempat tersebut cukup menjanjikan. Bagaimana, apakah anda sudah menemukan destinasi wisata pilihan untuk liburan anda di Banyuwangi ?

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *