40 Wisata Pantai Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi 2020

Pantai Banyuwangi

Pantai Banyuwangi – Selain memiliki berbagai jenis makanan khas, Banyuwangi ternyata menyimpan beberapa wisata Pantai yang wajib anda kunjungi. Pantai Banyuwangi menawarkan sejuta pesona keindahan yang menakjubkan. Disamping itu, pihak pengelola juga telah menyediakan beragam fasilitas memadai didalamnya.

Jika anda sekeluarga sedang merencanakan liburan, beberapa rekomendasi Pantai di Banyuwangi mungkin bisa menjadi pilihan. Salah satu Pantai apik di Banyuwangi adalah Pantai Boom Banyuwangi. Pantai ini memiliki ikon berupa dermaga yang Instagramable. Tempat tersebut menjadi spot foto favorit sebagian besar wisatawan.

Selain itu, Pantai Boom Banyuwangi juga memiliki jembatan lintas berbentuk spiral. Tidak jarang para pengunjung juga mengabadikan momen liburan di tempat tersebut. Ditambah lagi pada malam hari Jembatan tersebut terlihat semakin megah berkat sorotan lampu dari sisi kanan dan kiri. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di tempat tersebut ?

Sebelum memutuskan untuk pergi, anda juga harus mengetahui berapa harga tiket masuk, alamat, rute perjalanan, hingga apa saja fasilitas di dalam lokawisata Pantai Boom Banyuwangi. Nah, mengenai hal tersebut akan kami jelaskan secara mendalam pada bagian pembahasan. Selain Pantai Boom, Banyuwangi juga menawarkan beberapa Pantai lainnya dengan keindahan pantai yang menakjubkan.

Wisata Pantai Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Ada puluhan lebih Pantai di Banyuwangi dengan pesona alam menakjubkan. Selain itu, tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi pilhan tepat bagi anda untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja anda simak ulasan dibawah ini mengenai Wisata Pantai Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Boom

Telah kami singgung sebelumnya, dimana Pantai Boom menjadi salah satu primadona wisata di Banyuwangi. Tempat ini menyuguhkan pesona alam menakjubkan. Selain itu, beberapa spot selfie menarik seperti Jembatan lintas berbentuk spiral dan dermaga bisa anda manfaatkan untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Setiap wisatawan pantai Boom hanya akan dikenai biaya 10 ribu rupiah per orang.

Pantai Boom

Kemudian pihak pengelola Pantai Boom juga telah menyediakan beragam fasilitas memadai, mulai dari Toilet umum, kamar mandi, rumah makan, hingga beberapa Gazebo di tepi Pantai. Jika anda ingin berkunjung pantai Boom, anda bisa menempuh perjalanan menuju arah timur Kabupaten Banyuwangi, lebih tepatnya di Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung masih berada di Wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Untuk sampai di lokasi tersebut anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan sewa melewati Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Sesampainya di pintu masuk Pantai Plengkung anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putih nan lembut. Selain itu biaya tiket masuk tempat ini juga sangat terjangkau, yakni sekitar 10 – 15 ribu rupiah.

Pantai Plengkung

Selain itu, pihak pengelola lokawisata ini juga telah menyediakan beragam fasilitas memadai, mulai dari toilet umum hingga beberapa spot foto menarik. Kemudian di tempat ini anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari berenang di pantai, berswafoto, bersepeda, hingga menjajal Ombak Plengkung dengan cara berselancar. Akitivitas surfing disini menjadi favorit banyak wisatawan asing.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah menawarkan pesona alam yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai sebelumnya. Tempat ini berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, lebih tepatnya di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di lokasi tersebut anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi. Akses jalan menuju Pantai Pulau Merah juga sudah sangat bagus.

Pantai Pulau Merah

Kemudian untuk biaya tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenai tarif 8.000 rupiah. Ditambah dengan biaya parkir 2.000 sampai 5.000 rupiah, tergantung jenis kendaraan anda. Selain itu, pihak pengelola tempat wisata ini juga telah menyediakan fasilitas memadai. Di tempat ini anda juga bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari berenang, hingga menikmati keindahan alam bawah laut ( Snorkelling ).

4. Pantai Lampon

Pantai Lampon juga termasuk dalam deretan Pantai apik di Banyuwangi. Tempat ini tidak hanya menyuguhkan pesona pantai yang menakjubkan. Melainkan, di tempat ini anda juga bisa menyaksikan peristiwa alam bernama Naga Sasra. Naga Sasra adalah semburan dari cekungan yang mampu menghasilkan Pelangi. Tentu saja peristiwa alam seperti ini sangat jarang kita jumpai di tempat manapun.

Pantai Lampon

Menariknya lagi setiap pengunjung tempat ini tidak akan dikenai biaya sepeserpun, alias gratis. Jika anda penasaran dengan tempat ini anda bisa menempuh perjalanan menuju Jalan Pantai Lampon, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan sekitar yang mempesona, sehingga mampu membuang rasa bosan dalam perjalanan.

5. Pantai Wedi Ireng

Banyuwangi juga memiliki lokawisata bernama Pantai Wedi Ireng. Lokasi Pantai ini berdekatan dengan Pantai Pasir Merah, yakni di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk menuju Pantai Wedi Ireng anda bisa melakukan perjalanan air dengan cara menyewa perahu Nelayan dengan tarif 40.000 rupiah untuk pulang pergi. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 30 menit dari Dusun Pancer.

Pantai Wedi Ireng

Sesampainya di lokawisata pantai tersebut anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putih serta lautan berwarna biru kehijauan. Selain itu, pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas wisata memadai, mulai dari toilet umum, kamar mandi, area parkir cukup luas, hingga beberapa unit penginapan di sekitar Pantai Wedi Ireng. Bagaimana, tertarik untuk menyambangi Pantai Wedi Ireng bersama Keluarga ?

6. Pantai Rajegwesi

Masih termasuk dalam Balai Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Rajegwesi menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pantai Rajegwesi berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di lokasi tersebut anda bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. akses jalan menuju Pantai Rajegwesi sudah cukup bagus, sehingga mudah dilintasi berbagai jenis kendaraan.

Pantai Rajegwesi

Sesampainya di lokasi Pantai, anda akan disuguhi dengan hamparan pasir bersih serta lautan jernih berwarna biru kehijauan. Di Pantai Rajegwesi anda juga telah tersedia beragam fasilitas seperti toilet umum, kamar mandi, hingga beberapa Gazebo untuk melepas lelah. Selain itu, jika anda ingin menyusuri lautan lebih jauh, pihak pengelola juga menyediakan penyewaan perahu Nelayan.

7. Pantai Cemara

Pantai Cemara merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi. Lokasinya berada di Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Cemara Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri berupa pepohonan Cemara yang rindang di sekitar Pantai. Selain itu, pepohonan Cemara di tempat tersebut juga bisa menjadi spot foto untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga.

Pantai Cemara

Kemudian untuk tiket masuk, setiap pengunjung hanya dikenai biaya sebesar 2.000 rupiah. Ditambah dengan biaya parkir sebesar 2.000 sampai 5.000 rupiah, tergantung jenis kendaraan. Setelah memasuki kawasan Pantai Cemara, anda akan disuguhi dengan suasana khas Pantai. Selain itu, anda juga bisa menyambangi penangkaran penyu yang berada tidak jauh dari lokasi Pantai.

8. Pantai Parang Ireng

Selain Pantai Plengkung, Pantai Parang Ireng juga menjadi salah satu pantai cantik di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk sampai di lokasi ini anda bisa menempuh perjalanan darat maupun air. sama ketika anda berkunjung ke Pantai Plengkung. Pantai ini berada 2 km sebelum pintu masuk Pantai Plengkung. Keindahan Pantai Parang Ireng siap membuat anda terkesima.

Pantai Parang Ireng

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut berwarna biru kehijaun menjadi daya tarik utama para wisatawan. Kemudian, jika anda berminat menyambangi Pantai ini, kami sarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah, pasalnya di sekitar Pantai Parang Ireng anda tidak akan menjumpai warung makan atau sejenisnya.

9. Pantai Mustika

Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi tidak hanya menawarkan keindahan Pantai Pasir Merah dan Wedi Ireng. Tidak jauh dari lokasi kedua pantai tersebut anda akan menjumpai Pantai bernama Mustika. Pantai Mustika menyuguhkan pesona alam yang tidak kalah menakjubkan. Cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga.

Pantai Mustika

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai tersebut, anda sekeluarga tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan Sunrise, dengan cara datang pada pukul 05:00 waktu setempat. Atau ingin melakukan aktivitas laut seperti Snorkelling dan Diving ? tenang, pihak pengelola telah menyediakan penyewaan alat untuk aktivitas tersebut.

10. Pantai Parang Kursi

Banyuwangi juga memiliki Pantai bernama Parang Kursi. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Pantai Pulau Merah, lebih tepatnya di sisi timur pantai tersebut. Objek wisata pantai parang kursi memiliki pesona yang tidak kalah indah dengan Pantai Banyuwangi lainnya. Dijamin, keindahan Pantai Parang Kursi mampu membuang penat anda karena lelah beraktivitas selama satu minggu.

Pantai Parang Kursi

Akan tetapi perlu anda ketahui, pantai Parang Kursi Banyuwangi belum menyediakan fasilitas wisata seperti toilet, kamar mandi, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan Pantai parang kursi belum diketahui banyak wisatawan. Meski demikian, akses jalan menuju lokasi ini sudah cukup bagus, sehingga mudah dilintasi berbagai jenis kendaraan. Nah, jika anda ingin berkunjung ke tempat ini kami sarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

11. Pantai Trianggulasi

Salah satu Pantai yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi ini bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang sedang merencanakan liburan bersama Keluarga. Pesona alam di Pantai Trianggulasi siap membuat anda berdejak kagum. Disamping itu, Pantai Trianggulasi juga berada tidak jauh dari lokasi Pantai Plengkung, kurang lebih berjarak 2 km.

Pantai Trianggulasi

Kemudian untuk alamat lengkap lokawisata ini berada di Jalan Brawijaya Nomor 20 Kalipait, Kecamatan Tegaldimo, Kabupaten Banyuwangi. Untuk sampai di lokasi tersebut kami sarankan anda untuk menggunakan kendaraan roda dua. Mengingat akses jalan menuju Pantai Trianggulasi cukup sulit, sehingga jika menggunakan motor anda bisa lebih mudah dalam melintasinya.

12. Pantai Dermaga Cinta

Pantai Dermaga Cinta merupakan satu dari sekian banyak Pantai Banyuwangi yang wajib anda kunjungi. Pantai ini memiliki landmark berupa Dermaga yang menjorok ke laut. Banyak wisatawan yang menjadikan tempat tersebut sebagai latar belakang dalam mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Bahkan, tidak jarang Dermaga tersebut juga digunakan untuk foto prewedding.

Pantai Dermaga Cinta

Pantai Dermaga Cinta berlokasi di Gang Lestari, Desa Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Jika anda ingin berkunjung ke tempat tersebut, anda bisa berangkat dari pusat kota Banyuwangi. Setelah itu pilih arah menuju Pelabuhan Ketapang, lurus terus sampai menemukan Hotel Ketapang. Tidak jauh dari hotel, anda akan menjumpai gang kecil dengan gapura warna biru,masuk dan ikuti gang tersebut sampai menemukan pintu masuk Pantai Dermaga Cinta.

13. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, akan tetapi tempat ini juga merupakan tempat konsvervasi Penyu di Banyuwangi. Lokasi penangkaran penyu di Pantai Ngagelan sangat strategis, yakni berada tidak jauh dari bibir pantai. Jika anda berminat untuk menyambangi tempat ini, jangan sampai anda melewatkan berkunjung ke tempat penangkaran penyu.

Pantai Ngagelan

Kemudian lokawisata ini juga berada tidak jauh dari Pantai Dermaga Cinta yang menjadi tujuan wisata favorit muda-mudi di Kecamatan Tegaldimo. Lokasi Pantai Ngagelan sendiri berada di Desa Purwoagung, Kecamatan Tegaldimo, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi tersebut juga berada cukup dekat dengan Kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

14. Pantai Teluk Ijo

Pantai Teluk Ijo merupakan Pantai yang berada di Balai Taman Nasional Meru Betiri bersama Pantai Rajegwesi. Panorama alam di Pantai Teluk Ijo mungkin belum diketahui banyak masyarakat, oleh karena itu tempat ini juga di sebut-sebut sebagai pariwisata yang masih perawan di Banyuwangi.

Pantai Teluk Ijo

Kemudian untuk lokasi, pantai ini terletak 90 km di selatan kota Banyuwangi, lebih tepatnya di Balai Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Sebelum sampai di lokasi Pantai Teluk Ijo, anda akan melewati Pantai Batu yang unik. Di pantai tersebut, anda bisa berswafoto terlebih dahulu.

15. Pantai Bedul

Pantai Bedul merupakan lokawisata yang terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Jika anda sekeluarga sedang merencanakan liburan di Banyuwangi, Pantai ini mungkin bisa menjadi referensi yang tepat. Pesona alam yang disuguhkan dari tempat tersebut dijamin mampu membuat anda terkesima.

Pantai Bedul

Pantai Bedul selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat musim liburan. Bahkan lokawisata ini juga berhasil menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung, hal ini tentu saja berkat panorama alam yang dimiliki Pantai Bedul. Bahkan tidak jarang dari mereka yang menjajal Ombak Pantai Bedul untuk bermain Surfing.

Berikut merupakan deretan Pantai Banyuwangi yang wajib anda kunjungi. Dari sekian banyak pantai diatas, manakah pantai yang sudah tidak sabar ingin anda kunjungi ? Deretan pantai di Banyuwangi yang kami sajikan diatas, hampir semuanya menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Selain itu, beberapa Pantai di Banyuwangi juga tidak memberlakukan biaya tiket masuk kepada wisatawan alias Gratis. Sampai disini, tertarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Pantai Banyuwangi ?

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *