12 Wisata Religi Jawa Timur, Tempat Ziarah Paling Sakral dan Suci

Wisata Religi Jawa Timur Tempat Ziarah Paling Sakral dan Suci

Wisata Religi Jawa Timur – Jawa Timur Memang dikenal sebagai daerah tujuan wisata paling populer. Daerah ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk di kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata religi hingga wisata bersejarah semuanya ada di Jawa Timur.

Wisata Jawa Timur Banyak dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang indah dan masih sangat asri. Namun Jawa Timur juga memiliki tempat wisata religi di berbagai kota di Jawa Timur. Wisata religi di Jawa Timur sebagian besar menjadi tempat berziarah ke makam orang penting.

Sebagian besar wisata religi berupa makam orang penting seperti makam sunan bonang, makam sunan ampel, makan sunan giri dan lain sebagainya. Kemunculan wisata religi tidak terlepas dari keberadaan wali songo, penyebar agama islam di Pulau Jawa, terus memberikan pengaruh.

Selain berziarah ke makam tokoh – tokoh agama, pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan sejarah bagaimana penyebaran agama islam di kawasan tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai wisata religi di Jawa Timur, yang akan kami sajikan berikut ini.

Wisata Religi Jawa Timur, Tempat Ziarah Paling Sakral dan Suci

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata religi di Jawa Timur paling sakral dan suci sebagai tempat berziarah dan menambah ilmu. Berikut daftar tempat wisatanya.

1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Makam Sunan Ampel Surabaya

Kawasan wisata religi Sunan Ampel mungkin bisa kamu datangi jika menginginkan suasana berbeda dari suasana di Surabaya. Kawasan Ampel ini merupakan pertemuan berbagai etnis, dengan dominasi etnis keturunan Arab. Kawasan Ampel telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya Jawa Timur. Wisata Ampel menawarkan berbagai alternatif wisata mulai dari wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja.

Tempat ini juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Khususnya berziarah ke makam Sunan Ampel. Sunan Ampel merupakan tokoh agama bernama Raden Rahmat dan merupakan salah satu dari sembilan wali penyebar agama islam di pulau Jawa atau biasa disebut sebagai Wali Songo. Sunan Ampel wafat pada tahun 1481 di Denmak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel Surabaya. Makam Sunan Ampel berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

2. Makam Sunan Bonang Tuban

Makam Sunan Bonang Tuban

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh agama dari Wali Songo sebagai penyebar agama islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Sampai saat ini, makam Sunan Bonang terus dikunjungi oleh para peziarah baik dari Tuban atau luar kota bahkan hingga mancanegara. Menariknya, terdapat empat makam Sunan Bonang.

Namun, tempat makam Sunan Bonang di Tuban Jawa Timur menjadi paling populer di antara makam di daerah lainnya. Makam tersebut berada di belakang Masjid Agung Tuban, lokasinya tidak jauh dari alun – alun Tuban. Tepatnya berada di Jalan KH Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

3. Makam Sunan Drajat Lamongan

Makam Sunan Drajat Lamongan

Sunan Drajat lahir di tahun 1470 memiliki nama Raden Qasim, dan mendapat gelar Raden Syarifudin. Sunan Drajat sendiri merupakan anak dari Sunan Ampel, dan juga saudara dari Sunan Bonang. Makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Makam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata religi.

Tak jauh dari makam Sunan Drajat terdapat museum tempat peninggalan benda – benda milik wali terutama peninggalan Sunan Drajat. Tempat wisata religi satu ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan pada hari libur. Selain Makam Sunan Drajat, tempat ini juga memiliki banyak spot yang bisa anda coba. Makam ini berada di atas bukit dengan pemandangan sekitar berupa hutan rimbun dan sangat indah.

4. Makam Sunan Giri Gresik

Makam Sunan Giri Gresik

Makam Sunan Giri berada di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Pintu masuk ke kawasan makam Sunan Giri dapat dicapai dengan tiga akses pintu masuk yaitu dari arah masjid Sunan Giri, Dari tangga tengah melewati candi Bentar dan patung naga, serta dari arah makam Sunan Prapen.

Pada bagian luar makam terdapat ornamen berbentuk lengkung simetris dan repetitif pada pondasi batuan putih. Serta dinding gebyug kayu dengan ornamen ukiran yang indah. Lokasinya berada di perbukitan membuat pemandangan sekitar makam menjadi sangat indah terutama pada malam hari. Objek wisata religi di Jawa Timur ini menjadi salah satu tempat religi di Gresik yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari penjuru negeri.

5. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Selain makam Sunan Giri, kota Gresik juga memiliki makam salah satu tokoh Wali songo yaitu makam Syekh Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Gresik. Makam Sunan Gresik Berada di Desa Gapuro, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Makam Sunan Gresik sangat ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah.

Banyak yang percaya jika berdoa di makam Sunan Gresik, maka beliau akan mendengarkan doa kita dan memperkuat doa kita untuk disampaikan kepada yang maha kuasa. Sunan Gresik dianggap sebagai orang pertama penyebar agama islam di tanah Jawa. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim tidak jauh dari alun – alun kota Gresik, pengunjung juga dapat berkeliling di sekitar makam dengan berbelanja oleh – oleh khas Gresik.

6. Makam Mbah Hamid Pasuruan

Makam Mbah Hamid Pasuruan

Makam KH Abdul Hamid berada satu komplek dengan Masjid Al Anwar. Besarnya pengaruh KH Abdul Hamid terhadap perkembangan agama islam di Jawa Timur membuat makamnya selalu ramai dikunjungi oleh perziarah, baik dari kota ataupun luar kota. Beliau memiliki nama lengkap KH. Abdul Hamid bin Abdullah Umar. Kyai Hamid lahir pada tahun 1333 H di Lasem, Rembang Jawa Tengah. Begitu lahir beliau memiliki nama kecil Abdul Mu’thi.

Makam KH Abdul Hamid berada di Jalan KH. Wachid Hasyim No.104, Desa Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Meskipun bukan termasuk salah satu makam kuno dari golongan Wali Songo atau makam – makam keramat, namun pesona dan kharisma dari almarhum KH. Abdul Hamid senantiasa mengundang pengunjung untuk berwisata religi dengan berziarah ke makamnya.

7. Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno Blitar

Siapa yang tidak mengenai salah satu pahlawan Indonesia. Bung Karno merupakan bapak proklamator Indonesia dan juga sebagai Presiden pertama di Indonesia. Bung Karno dimakamkan di Jawa Timur tepatnya di Jalan Ir. Soekarno No. 152, Desa Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Makam atau cungkup Bung Karno berada di sebelah utara gedung Perpustakaan dan Museum. Ditandai dengan gapura besar sebagai akses pintu masuk. Makam Bung Karno diresmikan pada tanggal 21 Juni 1979 oleh Presiden Soeharto. Dengan berdoa di makam bapak proklamator, semoga bisa menjadi sarana untuk menghargai jasa – jasa para pahlawan dan pendiri bangsa yaitu bangsa Indonesia.

8. Makam Gus Dur Jombang

Makam Gus Dur Jombang

Wisata religi makam KH Abdurrahman Wahid menjadi salah satu andalan wisata religi di Jawa Timur. Almarhum Gus Dur merupakan Presiden Indonesia ke empat serta mendapat julukan sebagai Bapak Pluralisme. Jadi jangan heran, bila makam Gus Dur selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Makam Gus Dur terletak di Pesantren Tebuireng tepatnya berada di Jalan Irian Jaya Tebuireng No.10, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Selain berziarah pengunjung juga dapat berbelanja oleh – oleh di sekitar kawasan luar komplek makam. Selain Gus Dur di komplek tersebut juga terdapat makam pendiri organisasi islam Nahdlatul Ulama yaitu KH Hasyim Asy’ari, serta makam ayahnya KH Wahid Hasyim.

9. Masjid Tiban Pintu Seribu Malang

Masjid Tiban Pintu Seribu Malang

Seperti halnya lawang sewu di Semarang, Masjid ini juga memiliki banyak sekali pintu hingga dinamai pintu seribu. Masjid ini berlokasi di Sunanrejo, Kecamatan Turen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Masjid Megah ini merupakan komplek pondok pesantren bertingkat 10. Masjid Tiban dibangun pada tahun 1991.

Menariknya, masjid ini dibangun sedikit demi sedikit hingga menghasilkan sebuah bangunan masjid 10 lantai yang megah nan indah. Wisatawan bisa menjelajahi masjid menggunakan tangga maupun lift. Yang paling menarik perhatian pengunjung untuk berwisata ke masjid ini yaitu untuk menikmati arsitektur dan ornamen bangunan yang megah. Arsitektur apik, ada relief – relief unik di pilar dan dinding masjid.

10. Masjid Agung Al Akbar Surabaya

Masjid Agung Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya atau lebih dikenal dengan Masjid Agung berada di Jalan Masjid Agung Timur No.1, Desa Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid Agung menjadi salah satu tempat wisata religi ikonik kota Surabaya. Keunikan dari masjid ini terletak pada corak dan ukiran kaligrafi. Saat memasuki masjid pengunjung akan disambut dengan 45 ukiran kaligrafi di kayu jati.

Ukiran kaligrafi juga terpampang pada dinding – dinding masjid. Pada bagian muka masjid terdapat juga ukiran kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar 1 meter. Masjid ini memiliki 1 kubah sebagai atap dan didukung dengan 4 buah kubah kecil berbentuk limasan serta memiliki menara setinggi 99 meter.

11. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya

Selain Masjid Agung, Surabaya juga memiliki masjid megah lainnya yakni Masjid Cheng Ho. Masjid Cheng Ho terletak di jantung Kota Surabaya. Masjid Muhammad Cheng Ho atau dikenal dengan masjid Cheng Ho adalah masjid pertama di Indonesia bergaya arsitektur khas negeri tirai Bambu. Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan pada mendiang Laksamana Cheng Ho, seorang bangsawan muslim Tionghoa yang turut menyebarkan ajaran islam melalui jalur perdagangan di tanah Jawa.

Dominasi Warna merah dengan kombinasi warna hijau dan kuning keemasan memperkuat kesan bangunan masjid layaknya sebuah vihara atau klenteng. Bentuk kubah masjid memiliki ornamen 3 tingkat mirip seperti sebuah pagoda seolah juga mempertegas unsur budaya Tiongkok. Masjid Cheng Ho beralamat di Jalan Gading No.2, Desa Katebang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

12. Makam Sunan Bejagung Lor Tuban

Makam Sunan Bejagung Lor Tuban

Sunan Bejagung Lor merupakan tokoh agama yang memiliki garis keturunan Nabi Muhammad SAW. Sunan Bejagung Lor memiliki nama lengkap Sayyid Abdullah bin Sayyid Jamal Asy’ari Kubro. Beliau datang ke tanah Jawa untuk membantu menyebar luaskan ajaran agama islam dan ikut serta membantu menyelesaikan beragam permasalahan masyarakat setempat. Termasuk masalah ekonomi masyarakat Jawa Timur. Makam Sunan Bejagung Lor berada di Kelurahan Krajan, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Sampai saat ini makam Sunan Bejagung Los masih ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Itulah beberapa tempat wisata religi di Jawa Timur paling sakral dan suci sebagai tempat berziarah. Mungkin dari sebagian banyak tempat wisata religi ada yang sudah anda kunjungi. Jangan lupa untuk menulis nama Jawa Timur di buku sebagai tujuan wisata religi sebagai tempat berziarah dan menambah ilmu sejarah tentang dunia penyebaran agama islam. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Zulfikar

Salam kenal, saya seorang backpacker yang hobi menjelajahi tempat wisata menarik di Indonesia. Dan pengalaman saya, saya bagikan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *